Program Akademik

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan sangat pesat. Satu-satunya akses dalam percepatan penguasaan dan alih pengetahuan dan teknologi (dari Barat) adalah penguasaan bahasa, dalam hal ini bahasa Inggris. Oleh karena itu penguasaan bahasa Inggris pada dunia akademik sangat menentukan kualitas SDM dan kehidupan akademis yang terlibat secara langsung pada proses penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri. Bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain. Laboratorium Bahasa Inggris merupakan salah satu program unggulan STIE Kasih Bangsa unutk menjaga kualitas dan kompetensi mahasiswa berkaitan dengan kemahiran bahasa inggris.

Laboratorium bahasa adalah alat yang sangat berguna yang memfasilitasi keterlibatan dan interaksi kelas melalui latihan dan aktivitas berbasis komputer untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa. Laboratorium ini akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda dari sistem pengajaran dan pembelajaran bahasa yang dilakukan di kelas biasa.

Laboratorium bahasa inggris memungkinkan mahasiswa untuk mempraktekan bahasa dengan berbagai kegiatan dan latihan yang lebih luas berdasarkan pada komputer. Pembelajaran terjadi dalam cara yang terstruktur, dalam konteks nyata dan secara visual menarik mahasiswa dalam lingkungan pembelajaran bahasa dan mempromosikan penggunaan bahasa. Laboratorium bahasa inggris diberikan selama 4 semester dengan tujuan seluruh mahasiswa STIE Kasih Bangsa memiliki skor TOEFL Minimal 450.

Modul Bahasa Inggris terdiri dari:
  1. Modul 1 Elementary
  2. Modul 2 Pre Intermediate
  3. Modul 3 Intermediate
  4. Modul 4 Upper Intermediate
  5. Modul 5 Advance
  6. Modul 6 Advance

Perkembangan industri dan dunia usaha harus senantiasa diikuti oleh perkembanagan sumber daya manusia yang peka akan perkembangan tekhnologi informasi. Untuk menghasilkan Lulusan Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen STIE Kasih Bangsa yang unggul maka STIE Kasih Bangsa membekali mahasiswanya dengan kemampuan komputerisasi yang baik. Laboratorium Komputer merupakan salah satu program unggulan STIE Kasih Bangsa unutk menjaga kualitas dan kompetensi mahasiswa. Laboratorium komputer diberikan kepada mahasiswa selama 4 semester dengan mengenalkan berbagai program komputer kepada mahasiswa, seperti aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah data statistik dan aplikasi keuangan.

Laboratorium Komputer merupakan unit penunjang utama kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas dan capaian kompetensi mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen. Pengembangan dan peningkatan kualitas layanan pendidikan sangat memerlukan ketersediaan sarana dan fasilitas penunjang pembelajaran dan praktik yang memadai. Kehadiran laboratorium komputer menjadi penting dalam proses penajaman kerangka berfikir, kreasi, sikap dan kompetensi mahasiswa yang tidak terlepas dari tujuan STIE Kasih Bangsa untuk menghasilkan lulusan dibidang Ekonomi yang profesional, uggul dan terpercaya. Selain itu, laboratorium juga dikembangkan untuk fungsi pengembangan dan penelitian Ipteks dan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa.

Mahasiswa Program Studi Manajemen diharapkan setelah menyelesaikan laboratorium komputer selama 4 semester diharapkan menigkatkan ketrampilan mahasiswa dalam mengaplikasikan Teori Manajemen Keuangan berbasis komputer, seperti analisis kinerja perusahaan, capital bugdeting , penguasaan aplikasi perkantoran dan penyusunan dokumen, dan Manajemen Operasi yang berisi Manajemen Proyek sebuah perusahaan. STIE Kasih Bangsa menfasilitasi Laboratorium Komputer yang merupakan salah satu unit penunjang kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas dan capaian kompetensi mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu menghasilkan informasi bisnis yang baik dan dapat mendukung serta mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.

Skema Pembelajaran Laboratorium Komputer STIE Kasih Bangsa:

Persaingan dunia usaha yang semakin kompetitif, mendorong perusahaan untuk menjadikan sumber daya manusia sebagai aset utama dan mitra strategis dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan seringkali bersaing untuk mendapatkan SDM yang kompeten dan berkualitas sedini mungkin. Program magang adalah kegiatan intrakurikuler terstruktur yang disiapkan oleh STIE Kasih Bangsa sebagai satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri. Selain dapat menambah wawasan mahasiswa dan membandingkan antara teori dengan praktik di perusahaan atau instansi tertentu, Mahasiswa akan memperoleh kesiapan dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Magang dilakukan sesuai dengan jurusan dan konsentrasi mahasiswa sehingga mahasiswa bisa mendapatkan deskripsi mengenai pengimplementasian ilmunya di dunia nyata dan diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk lebih memahami bidang studi yang sedang ditekuninya.

Program magang di STIE Kasih Bangsa merupakan salah satu program unggulan akademik. Program magang diberikan kepada mahasiswa semester 5. Aktivitas perkuliahan bagi mahasiswa semester 5 dilaksanakan pada malam hari, hal ini bertujuan agar para mahasiswa semester 5 yang sedang melaksanakan kegiatan magang dapat bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditetapkan oleh perusahaan. Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskill ( keterampilan, complex problem solving, analytical skills., dsb) maupun soft skills ( etika profesi/ kerja, komunikasi, kerjasama, dsb) sementara indsutri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung di-recruit. Program magang kerja yang disusun oleh akademik tentunya tidak hanya memberikan keuntungan bagi mahasiswa namun juga memikirkan bagaimana mahasiswa dapat memberikan kontribusi, manfaat bagi perusahaan dan tidak mengganggu aktivitas perusahaan salah satunya dengan memberlakukan aturan bahwa jangka waktu mangang yaitu minimal adalah 6 bulan.

Melalui program magang yang dilaksanakan oleh STIE Kasih Bangsa tentunya STIE Kasih Bangsa telah berhasil membuktikan bahwa masa tunggu lulusan STIE Kasih Bangsa yaitu 0 bulan dan setelah lulus dari STIE Kasih Bangsa pendapatan yang diperoleh yaitu minilam 1,2 kali dari UMR sesuai dengan progragram yang dikeluarkan oleh Kemendikbud.

Mahasiswa mulai semester 5 telah bekerja baik diperusahaan yang menjalin kerjasama dengan STIE Kasih Bangsa maupun perusahaan diluar mitra kerjasama. Untuk mendukung program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka, STIE Kasih Bangsa terus berupaya menjalin berbagai kerjasama dengan mitra industri agar tercipta program magang kerja yang semakin baik.

Untuk mengimplementasikan program kewirausahaan didalam kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka maka STIE Kasih Bangsa mengeluarkan program Inkubasi Bisnis. Program ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memperkuat ekonomi nasional dan mendukung percepatan ekonomi digital menuju revolusi industri 4.0.

Program Inkubasi Bisnis adalah kesatuan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan minat berwirausaha, mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing sekaligus menangani permasalahan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana. Program Inkubasi Bisnis STIE Kasih Bangsa bertujuan untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan dan membangun ekosistem startup di Indonesia di kalangan mahasiswa. Diharapkan program ini dapat merangsang dan menciptakan embrio startup digital baru serta mempercepat perkembangan startup digital di Indonesia.

Mahasiswa akan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kewirausahaan, menyusun proposal wirausaha, menjalankan kegiatan wirausaha di bawah bimbingan dosen pembimbing atau mentor kewirausahaan dan dievaluasi di akhir program. Pendamping Inkubasi Bisnis terdiri dari dosen yang ditugaskan dan praktisi dari kalangan industri/pengusaha mempunyai latar belakang bisnis yang serupa dengan bisnis yang dijalankan mahasiswa. Hal ini dapat mambantu mahasiswa dalam mempersiapkan tindakan pencegahan sehingga dapat meminimalkan risiko kerugian.

Pengembangan dan perjalanan sebuah bisnis sangat dinamis. Sebuah bisnis bisa menghasilkan keuntungan maupun kerugian. Keberhasilan sebuah bisnis tidak hanya ditentukan oleh pemilik bisnis itu sendiri, namun ditentukan pula oleh peran seorang pendamping. Oleh karena itu dengan memiliki pendamping yang berpengalaman dalam menjalankan bisnis, akan sangat membantu mahasiswa dalam menganalisis masalah yang dihadapi serta memberikan saran untuk solusi. Selanjutnya mahasiswa dapat mempersiapkan tindakan pencegahan sehingga dapat meminimalkan risiko kerugian. Saat sebuah bisnis mahasiswa mengalami kejenuhan atau keterpurukan, maka seorang pendamping juga akan memotivasi untuk kembali bersemangat. Kegagalan atau kerugian merupakan bagian dari proses bisnis yang harus dihadapi dan merupakan bahan pembelajaran seorang pengusaha yang harus terus diasah agar terus menjadi ahli dan berkembang.

Program Inkubasi Bisnis STIE Kasih Bangsa terbagi menjadi 3 Level yaitu:

  • Level 1. Business Model vs Market Need
  • Level 2. Feasibility Study
  • Level 3. Business Plann & Business Proposal

Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional Pasal 20. Penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa seperti dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 dan 46. Penelitian sebagaimana dimaksud, dilakukan oleh sivitas akademika dan dilaksanakan berdasarkan jalur kompetensi dan kompetisi. Hasil penelitian wajib disebarluaskan dengan cara diseminarkan, dipublikasikan, dan/atau dipatenkan. Hasil penelitian di tingkat perguruan tinggi diharapkan bermanfaat untuk:

  1. Pengayaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembelajaran;
  2. Peningkatan mutu perguruan tinggi dan kemajuan peradaban bangsa;
  3. Peningkatan kemandirian, kemajuan, dan daya saing bangsa;
  4. Pemenuhan kebutuhan strategis pembangunan nasional; dan
  5. Perubahan masyarakat indonesia menjadi masyarakat berbasis pengetahuan.

Kegiatan penelitian dilingkungan STIE Kasih Bangsa dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Program penelitian merupakan respon STIE Kasih Bangsa terhadap regulasi Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, khususnya mengenai Penelitian, serta semakin menguatkan persaingan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pengembangan program penelitian dewasa ini ditandai dengan adanya perubahan paradigma, yaitu dari paradigmapembangunan (development) menjadi pemberdayaan (empowerment). Proses penyelenggaraan penelitian dilakukan secara profesional dalam rangka menjaga kualitas dan manfaat program penelitian. Penyelenggaraan penelitian melibatkan berbagai pihak di lingkungan STIE Kasih Bangsa maupun mitra di luar STIE Kasih Bangsa.

Pelaksana kegiatan penelitian yaitu mahasiswa dan dosen STIE Kasih Bangsa. Dosen melaksanakan kegiatan penelitian sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Sumber dana penelitian adalah berasal dari dana internal, dan di luar universitas yang meliputi Kemenristekdikti (DRPM), kerjasama nasional dan internasional. Hasil sebuah penelitian tidak akan terlalu banyak berarti apabila hasil penelitian tersebut tidak terdesiminasi secara luas. Hasil penelitian tersebut hanya berarti bagi peneliti sendiri. Oleh karena itu hasil penelitian harus didesiminasi secara luas dengan memanfaatkan berbagai sarana publikasi ilmiah, baik pada skala nasional maupun internasional. STIE Kasih Bangsa memiliki wadah publikasi jurnal secara internal yang dimuat di perpustakaan STIE Kasih Banga yaitu Studia Ekonomika.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan tinggi dituntut turut serta memecahkan permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar yang semakin dinamis dan kompleks. Hasil karya pendidikan tinggi seharusnya bisa dimanfaatkan oleh industri karena ada keterkaitan antara apa yang dikembangkan oleh pendidikan tinggi dengan apa yang dibutuhkan oleh lingkungan industri.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara hakiki merupakan implementasi hasil penelitian dosen STIE Kasih Bangsa yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Hilirisasi hasil penelitian secara implementatif dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Untuk itu perlu disusun pedoman pengabdian kepada masyarakat yang dapat menjadi petunjuk pelaksanaan bagi dosen STIE Kasih Bangsa dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan tetap mengacu pada hasil-hasil riset unggulan STIE Kasih Bangsa yang tertuang dalam buku Rencana Induk Penelitian STIE Kasih Bangsa tahun 2017-2022 yang meliputi 3 bidang unggulan penelitian, yaitu: Akuntansi, Manajemen dan Kewirausahaan Selanjutnya, untuk penelitian dan pengabdian masyarakat (PKM) juga dapat dikembangkan dengan mengacu pada isu-isu global, isu-isu nasional, Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN), isu-isu wilayah, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kegiatan PKM STIE Kasih Bangsa tahun 2017 – 2022 berbasasis pada hasil penelitian unggul dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sebelumnya. Bidang- bidang unggul pengabdian kepada masyarakat meliputi kekuatan penelitian di STIE Kasih Bangsa ada pada topik penelitian Akuntansi, Perpajakan, Pemeriksaan Akuntansi dan Manajemen Keuangan. Dasar kegiatan pengabdian kepada masyarakat STIE Kasih Bangsa adalah seluruh hasil penelitian. Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh civitas akademika. STIE Kasih Bangsa bertujuan untuk ikut dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat. Hasil riset terutama terkait dengan bidang akuntansi, perpajakan, pemeriksaan akuntansi dan manajemen keuangan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dan diupayakan untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

  1. Memperkuat Peran Keuangan Syariah dalam Perekonomian Indonesia lihat flyer
  2. Connected Marketing lihat flyer
  3. Kapita Selekta Korporasi Industri lihat flyer
  4. Start To Be Successful Investor in Capital Market lihat flyer
  5. Millennials Entrepreneurships lihat flyer
  6. Perpajakan di Era Ekonomi Digital lihat flyer
  7. Fintech for Millennials lihat flyer
  8. Hitung, Bayar Dan Lapor Pajak Bagi Promosi Bisnis Di Era Digital lihat flyer
  9. Seminar Buddhist Interasional lihat flyer
  10. Millenial Entrepreneurs lihat flyer
  11. Publik Speaking lihat flyer
  12. Mindset Change, Life Change lihat flayer lihat flyer
  13. Outsmarting The Pandemic A Strategic Business Approach lihat flyer
  14. Designing Your Value Proposition lihat flyer
  15. Disruption 2020 A Virtual Symposium lihat flyer
  16. How Do You Navigate Entrepreneurship In A Time Of Uncertainty lihat flyer
  17. Managing The Appropriability of Financial Ratios During Covid-19 for Individual and Business lihat flyer
  18. Strategic Human Resource Planning lihat flyer
  19. Green Intellectual Capital lihat flyer
  20. Businnes Practice & Financial Statement Effect Of Covid-19 Pandemic lihat flyer
  21. Strategic Marketing Decision lihat flyer
  22. Tax Policy Responses To Covid-19 Crisis lihat flyer
  23. Potensi Bisnis Franchising Dan Licensing Di Era Digital lihat flyer
  24. Digital Marketing Startup Meningkatkan Skala Bisnis Usaha lihat flyer
  25. Encouraged Social Life and Managing Soul to Start a Bussiness in Millenial Era lihat flyer
  26. Managing Personality & Skills for How to Treat Bussiness in Digital Marketing Era lihat flyer
  27. Kunci Sukses di usia Muda lihat flyer
  28. Peran Lembaga Keuangan Untuk Wirausaha Muda lihat flyer
  29. Leadership Issues and Organizational Culture on Organizational Effectiveness lihat flyer
  30. Perencanaan Pajak untuk UMKM lihat flyer
  31. Implementasi Standar AKUNTANSI PEMERINTAHAN lihat flyer
  32. Peran dan Fungsi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan di masa Pandemi Covid-19 lihat flyer
  33. Kiat Menyusun Feasibility dan Business Plan Startup dalam Rangka Meyakinkan Investor lihat flyer
  34. Pendekatan Remote Audit di Masa Pandemi Covid-19 lihat flyer
  35. Global Perspective for Relationship Management lihat flyer
  36. Perpajakan Indonesia di Era Teknologi dan Keterbukaan Informasi Keuangan lihat flyer
  37. Show Your Creativity In building Starup At Young Age lihat flyer
  38.  Raih potensi Pasar denganDigital Marketing lihat flyer
  39. Set Up Your Mind To Be A Young Entrepreneur lihat vidio
  40. Menghadapi Risiko dalam Memulai Asuransi lihat flayer
  41. Membangun Kesuksesan dari Kegagalan lihat flyer
  42. Etika Bisnis Sebagai Strategi Bisnis Jangka Panjang dalam Era Bisnis Global dan Revolusi Teknologi Informasi lihat flyer
  43. Strategi Membangun Bisnis lihat flyer
  44. Langkah Awal Dalam Memulai Bisnis lihat flyer
  45. Etika Bisnis Di Era Digital lihat flyer
  46. Good Ethics Good Business lihat flyer
  47. Penerapan Etika Bisnis Pada Era Globalisasi Dalam Transaksi Jual Beli Online lihat flyer
  48. Urgensi Etika Bisnis di Era Global lihat flyer
  49. Life At Start-up : All You Have To Now About Start-up lihat flyer
  50. Membangun Bisnis dalam Etika Bisnis lihat flyer
  51. How To Make Your Startup Stand Out lihat flyer
  52. Kiat Sukses Membuka Usaha lihat flyer
  53. Pandangan Entrepreneur Terhadap Strategi Marketing Untuk Memahami Kondisi Pasar lihat flyer
  54. Challenges in Startup Business and How to Minimize Failure in Business lihat flyer
  55. Passion Kunci Sukses Berbisnis lihat flyer
  56. Strategi Memulai dan Mengelola Bisnis Digital dimasa Pandemi Covid-19 lihat flyer
  57. How To Survive and Keep Growing During Covid-19 Pandemic lihat flyer
  58. Making Innovation With Trend For Your Business lihat flyer
  59. Kunci Jitu Menjadi Pengusaha Muda Menuju Generasi Emas Yang Berintegritas lihat flyer
  60. Implementasi Digital Marketing Dalam Menjawab Tantangan di Era New Normal lihat flyer
  61. Pengusaha Muda 3IF (Inovatif, Kreatif, Kompetitif) di Era Digital lihat flyer
  62. Peran Generasi Muda Sadar Pajak Terhadap Pemulihan Ekonomi di Era New Normal lihat flyer
  63. Inkubator Inovasi Leadership For Change lihat flyer
  64. Kebangkitan Generasi Emas Dalam Membangun Ketahanan Nasional Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar) lihat flyer
  65. Membangun Mental Bisnis sebagai Wirausahawan Muda di Era Digital lihat flyer
  66. Strategi Membangun Super Team Dalam Memulai Bisnis lihat flyer
  67. Peluang dan Tantangan Membangun Bisnis Penulisan lihat flyer
  68. Peningkatan Kapital Intelektual Pada Bisnis UMKM lihat flyer
  69. Customer Relationship To Build Business lihat flyer
  70. Implementasi Dunia Bisnis Berbasis Teknologi lihat flyer
  71. Optimalisasi Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis UMKM lihat flyer
  72. Membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Yang Merakyat di Era Generasi Milenial Dengan Memperhatikan Perspektif Etika Bisnis lihat flyer
  73. Be A Young And Creative Entrepreneur Get The Success lihat flyer
  74. Bijak Mengaplikasikan Fintech di Era Ekonomi Digital lihat flyer
  75. Generasi Millenial Cerdas Mengelola Keuangan Melalui Literasi Keuangan lihat flyer
  76. Good System Vs Good Man lihat flyer
  77. Tranformation 5.0! The Next Strategy for Gen Z lihat flyer
  78. How Digital Marketing Can Improve Costumer Engagement lihat flyer
  79. Become Supercapable Candidates That The Company Needs lihat flyer
  80. Akselerasi Sistem Perusahaan sebagai Kontrol Terbaik dalam Persaingan Nasional lihat flyer
  81. Circular Economy “Sampah Jadi Cuan” lihat flyer
  82. Lets Talk About Sustainable Business Growth Through Competitive Advantage lihat flyer
  83. Peran Influencer Dalam Membangun Strategi Pemasaran lihat flyer
  84. Tapping Into The Digital Marketplace : Crafting Captivating Brands For Online Success lihat flyer
  85. Metode Penelitian Kuantitatif : Desain dan Analisis Data lihat flyer
  86. Penerapan Manajemen Risiko Terhadap Transformasi Digital Pada Industri Asuransi Syariah lihat flyer
  87. Smart Investment For A Bright Future lihat flyer